DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI MAHASISWA PADA STRATEGI CASE BASED LEARNING MATERI GELOMBANG BUNYI DAN BERJALAN TERHADAP HASIL BELAJAR
PENGARANG:RIZQI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-04


PERSEPSI MAHASISWA PADA STRATEGI CASE BASED LEARNING  MATERI GELOMBANG BUNYI DAN BERJALAN TERHADAP HASIL BELAJAR (Oleh : Rizqi Agustina; Pembimbing : Ratna Yulinda, M. Pd., dan Yasmine Khairunnisa, S. Pd., M. A;2024; 54 halaman)

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini meneliti mengenai hubungan antara persepsi mahasiswa pada strategi case based learning  materi gelombang bunyi dan berjalan terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2022, adapun sampel penelitian ini adalah berjumlah 26 orang dengan pemilihan sampel secara sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket, dan observasi. Hasil analisis strategi case based learning termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentase 68,53%. Analisis hasil belajar peserta didik diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa pada strategi case based learning  materi gelombang bunyi dan berjalan terhadap hasil belajar. Maka dari itu, strategi case based learning ini dapat digunakan dalam perkuliahan.

Kata kunci : mahasiswa, strategi case based learning, hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI