DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ADAPTASI PENGEMUDI OJEK KONVENSIONAL MENJADI OJEK ONLINE DI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2010-2022
PENGARANG:MUHAMMAD MUKHLIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-04


ABSTRAK

Muhammad Mukhlis, 2023. Adaptasi Pengemudi Ojek Konvensional Menjadi Ojek Online Di Kota Banjarmasin Tahun 2010-2022. Pembimbing Utama: Dr. Mohamad Zaenal Arifin Anis, M. Hum. Pembimbing Pendamping Fitri Mardiani, M.Pd.

 

Keberadaan ojek online di Kota Banjarmasin mendesak para pengemudi ojek konvensional tetap bertahan. Ojek konvensional beralih ke moda online memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknologi dan pemahaman terhadap aplikasi online. Ojek konvensional memiliki dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar pada komunitas lokal. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses adaptasi yang dilakukan ojek konvensional ke ojek online di Kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan penelitian ini yaitu metode sejarah yang terdiri dari Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Tahap pertama adalah Heuristik, tahap pengumpulan data. Sumber data didapatkan melalui 3 cara yaitu observasi sebagai catatan secara sistematis dalam fenomena yang terjadi, wawancara peneliti melakukan tanya jawab. Sumber tertulis atau dokumen peneliti dapatkan dari skripsi, buku dan jurnal dan dokumentasi. Melakukan tahap berikutnya yaitu Kritik, baik itu kritik eksternal dan kritik internal. Selanjutnya yaitu Interpretasi dan tahap yang terakhir yaitu Historiografi atau penulisan.

Hasil penelitianmenunjukkan bahwa keberadaan ojek konvensional di tahun 2010-2015 masih menjadi primadona masyarakat Kota Banjarmasin. Di tahun 2016-2022 ojek online menjadi lebih masif digunakan karena dianggap praktis dan lebih ekonomis. Ojek konvensional beradaptasi dengan kehadiran ojek online berbasis aplikasi. Adaptasi dilakukan karena tuntutan perkembangan teknologi abad 21, mendesaknya kebutuhan ekonomi dan tuntutan trend sosial.

 Kesimpulan penelitian ini adalah ojek konvensional mampu beradaptasi di era digital modern dengan keberadaan diwujudkannya melalui adanya paguyuban, zonasi wilayah, dan memanfaatkan teknologi era revolusi industri untuk kebutuhan berkelanjutan hidup.

 

Kata Kunci: Adaptasi,Ttransportasi, Ojek Online, Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI