DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TANTANGAN DAN KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAINUL FAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-05


Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan P5 dalam membentuk karakter dan kesadaran kewarganegaraan siswa SMKN 4 Banjarmasin. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan nilai-nilai kebangsaan, etika, dan moral yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tantangan dan keberhasilan penerapan P5 di SMKN 4 Banjarmasin.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling, dengan teknik peengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik hasil kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya tantangan yang dihadapi oleh pihak penyelenggara, 2) ada keberhasilan yang dihasilkan dengan dijalankannya program P5 ini. Penelitian inibertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap kurikulum Merdeka Belajar di SMKN 4 Banjarmasin. Evaluasi ini akan melibatkan analisis pada implementasi kurikulum Merdeka Belajar, tantangan yang dihadapi pada setiap pelaksanaannya, serta peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas kurikulum di SMKN 4 Banjarmasin.Berdasarakan hasil penelitian saran guru kepada pihak SMKN 4 Banjarmasin untuk bisa berupaya meningkatkan kualitas  SDM, Fasilitas yang ada agar bisa lebih memadai untuk menunjang keberhasilan yang lebih baik dalam program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMKN 4 Banjarmasin kedepannya, dan mampu untuk menghasilkan keberhasilan yang lebih baik pada peserta didik di SMKN 4 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI