DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DENGAN KONTEKS BUDAYA BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD ALI RIDHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-05


Pendidikan matematika memainkan peran penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun persepsi umum menyatakan bahwa matematika sulit dan kurang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) interaktif berbasis STEM dengan konteks budaya Banjar pada materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. E-LKPD interaktif berbasis STEM dengan konteks budaya Banjar ini diharapkan dapat membantu peserta didik memahami materi yang sulit dan meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan metode Research & Development dengan model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang peserta didik kelas VIII SMPN 1 Kertak Hanyar. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang melibatkan lembar validasi, lembar angket respon guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Skor yang diperoleh melalui lembar validasi adalah 4,40 dengan kriteria valid. (2) Berdasarkan angket respon guru dan peserta didik, diperoleh hasil rata-rata persentase dari guru 92,2% dan peserta didik 87,2% dengan kriteria sangat praktis. (3) Berdasarkan tes hasil belajar, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 100% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, E-LKPD interaktif berbasis STEM pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII dengan konteks budaya Banjar dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI