DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRODUKSI DAN PEMASARAN TAPAI DI DESA PEMATANG PANJANG KECAMATAN GAMBUT
PENGARANG:MULYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-06


Mulyati. 2024. Produksi dan Pemasaran Tapai di Desa Pematang Panjang Kecamatan Gambut. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ismi Rajiani dan Pembimbing II: Raihanah Sari, S.Pd., M.Pd.

 

Tapai adalah satu makanan yang difermentasi ada dua jenis tapai ketan dan tapai singkong, hal ini menjadi sorotan bagi siapa saja yang melewati daerah tersebut semakin ramainya para usaha tapai tentu adanya strategi pemasaran yang mereka lakukan selama berdagang agar tetap bisa memenuhi kebutuhan dan mempertahankan usaha tapai tersebut. Lokasi pada kegiatan produksi di Daerah Pematang Panjang Kecamatan Gambut yang sangat terkenal dengan khas makanan dan mudah ditemukan salah satunya ialah tapai Gambut.  Berdasarkan latar belakang tersebutlah peneliti ingin melakukan penelitian ini dengan judul Produksi dan Pemasaran Tapai di Desa Pematang Panjang Kecamatan Gambut. Tujuan penelitian ini: 1) Mendeskripsikan cara produksi tapai di Desa Pematang Gambut; 2) Mendeskripsikan teknik pemasaran tapai di Desa Pematang Gambut.

Pendekatan ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif sebagaimana  penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan produksi dan pemasaran tapai di Desa Pematang Panjang Kecamatan Gambut. Subjek dalam penelitian ini adalah para pedagang yang benar melakukan produksi di rumahan selama bertahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke lokasi tempat para pelaku wirausaha dalam memproduksi tapai gambut di Desa Pematang, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data berdasarkan dengan tujuan penelitian, penyajian dan data berdasarkan deskripsi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dan triangulasi.

Hasil penelitian: 1) para wirausaha rumah produksi tapai di Desa Pematang Panjang Kecamatan Gambut mengutamakan bahan pokok utama yaitu seperti beras ketan yang berkualitas serta dengan cara menggunakan pengemasan yang lebih modern dimulai sejak 2019 menggunakan toples atau box kecil agar tapai kelihatan lebih rapi dan mudah dibawa kemana-kemana terutama bagi para pelanggan yang ingin sebagai bentuk dari oleh-oleh. 2) Adanya teknik pemasaran yang dilakukan oleh setiap usaha tapai yang mereka terapkan dalam mempertahankan daganganya. Baik dari segi pengemasan, serta harga bahan pokok yang menjadi salah satu paling dominan sebab apabila harga bahan pokok utama mendadak naik, tentu hal tersebut menjadi pertimbangan bagi usaha yang kesulitan dalam menentukan harga jual. Namun kenyataan nya mereka masih bisa menentukan harga dengan sesuai penjualan seperti biasanya walaupun harga bahan pokok yang sering mendadak meningkat, karena para usaha tapai memiliki strategi harga yang diterapkan pada bagian variable beikut adalah produksi, harga, penyaluran, promosi yang sudah diterapkan hingga sekarang melalui media sosial untuk menjaga para pelanggan agar tetap bisa membeli tapai mereka tersebut, dengan cara sedikit mengecilkan bentuk ukuran ketan namun tetap memenuhi hitungan yang ada pada pengemasan penjualan.

 

            Kata kunci: Produksi, Tapai, Pemasaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI