DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PERAN TIM PENGGERAK PKK DALAM UPAYAPENCEGAHAN STUNTING DIKECAMATAN PARINGIN KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:PUJI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-06


Puji Rahayu. 2120419320032. 2023. Tesis. Efektivitas Peran TP. PKK DalamUpaya Pencegahan Stunting di Kecamatan Paringin. Di bawah bimbinganMuslihAmberi.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Tim PenggerakPKK dalam upaya pencegahan stunting di Kecamatan Paringin dan apa sajafaktor –faktor yang mempengaruhiefektivitasperanTim PenggerakPKKtersebut. Penetilian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituwawancaradanobeservasisertadidukung oleh dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan tiga tahapan yangsalingberkaitanyaitureduksidata,penyajiandata dan penarikankesimpulan.

 

Hasil penelitian ditemukan bahwa peran TP PKK dilihat dari aspek intervensisensitifyakni dari aspek pencapaian tujuan dengan menggerakankesadaranmasyarakat melalui sosialisasi,berupayadalamperbaharuanperalatanukur dan memberiperhatiankhusus. Dari aspek integrasi adanya kerjasama antar pihak terkait dalampenyebaraninformasiperilakuhidup sehat. Dari aspek adaptasi adanya kegiatan perbaikan pola pikir anggota dan peningkatan mutu kader. Peran TP PKKbisa dikatakan sudah cukup efektif dalam upayapencegahanstuntingyangdibuktikandenganpenurunanangkaprevalensistunting yang cukup signifikan , meskipun masih ada beberapa hal yang perludioptimalkan.

 

Penelitian ini menyarankan hendaknya TP PKK Kecamatan Paringin dalampencegahan stunting melakukan Mou dengan beberapa sektor terkait, kegiatansosialisasi disertai dengan demo-demo praktik,TP PKK Kecamatan Paringinbekerjasama denganpihak puskemas, posyandu dan kader serta Dinas terkaituntukmelaksanakanevaluasiberkalauntukmemantaukeberhasilanpelaksanaan program dan juga melakukan evaluasi serta pemantauan fasilitaspendukungpemeriksaan(alat ukur) stunting.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI