DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN ALTMAN Z”-SCORE DAN PENGARUH ALTMAN Z”-SCORE TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016)
PENGARANG:TAUFIK IKHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-07


Taufik Ikhsan (2021). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Altman Z”-Score dan Pengaruh Altman Z”-Score Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Pembimbing: Lili Safrida, SE, M.Si, Ak, CA

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia mulai tahun 2012 sampai dengan 2016 menggunakan metode Altman Z”-Score; (2) dan menganalisis pengaruh Altman Z”-Score terhadapa harga saham.

Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 12 perusahaan pertambangan dengan periode pengamatan selama 5 tahun dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Sampel diambil menggunakan sampel kriteria tertentu. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode Altman Z”-Score dan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dengan software SPSS.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa selama selama periode 2012 hingga 2016 terdapat 46 perusahaan masuk kategori Sehat, 7 perusahaan masuk kategori Rawan, dan 7 perusahaan masuk kategori Tidak Sehat. Hasil uji hipotesis  menujukkan bahwa kinerja keuangan yang di hitung menggunakan Altman Z”-Score (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham (Y). Pengaruh yang siginifikan ini dapat dijelaskan sebesar 22% , sedangkan sisanya 78% dijelasakan oleh faktor selain kinerja keuangan seperti faktor ekternal atau makro ekonomi.

 

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Altman Z”-Score, Harga Saham, Pertambangan,

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI