DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KARAKTER PADA AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SMAN 1 ANJIR PASAR
PENGARANG:SELLY NADA LUQYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-13


Selly Nada Luqyana. 2024. Nilai Karakter pada Aktivitas Ekstrakurikuler SMAN 1 Anjir Pasar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA., M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Mutiani, M.Pd.

 

Kemorosotan moral yang masih sering terjadi saat ini menjadi satu diantara bukti bahwa kurangnya pemahaman dan kesadaran pentingnya penanaman nilai karakter, walaupun anak tersebut telah duduk di bangku sekolah. Pemahaman terkait nilai karakter tidak hanya didapat melalui sekolah namun juga ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan profilekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 Anjir Pasar. 2) Memaparkan aktivitas ekstrakulikuler Pramuka SMAN 1 Anjir Pasar. 3) Menjelaskan nilai karakter pada aktivitas ekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 Anjir Pasar.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi ke lapangan, melakukan wawancara dengan informan, mengumpulkan dokumentasi. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, referensi serta triangulasi. Hasil yang disajikan dalam pembahasan secara deskriptif mengenai nilai karakter pada aktivitas ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Anjir Pasar.

            Hasil penelitian ini bahwa pada ekstrakurikuler Pramuka sifatnya wajib diikuti oleh peserta didik kelas 10, terdapat tiga aktivitas ekstrakurikuler Pramuka yang paling utama ialah Pelatihan Baris Berbaris (PBB), pionering, serta aksi social. Ketiga aktivitas tersebut sifatnya outdoor yang meliputi latihan rutin setiap minggunya. Berdasarkan hasil temuan peneliti, aktivitas ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 1 Anjir Pasar memuat 10 nilai karakter yang berkaitan dengan tiga aktivitas tersebut yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, cinta tanah air, berkomunikasi/bersahabat, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab.

 

Kata Kunci: Nilai Karakter, Aktivitas Ekstrakurikuler, Ekstrakurikuler Pramuka

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI