DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI
PENGARANG:IRSYA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-14


Pembelajaran matematika khususnya pada konsep geometri lebih banyak menyajikan contoh atau model bangun geometri baik bangun datar maupun bangun ruang yang kurang relevan dengan kehidupan peserta didik, sehingga pembelajaran matematika kurang bermakna. Untuk memberikan pembelajaran matematika yang bermakna, pembelajaran yang bersifat abstrak harusnya dibantu oleh media yang mengkonkritkan keabstrakan tersebut. Salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah modul ajar. Salah satu terobosan pembelajaran matematika bagi guru adalah mengembangkan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Modul ajar berbasis etnomatematika diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan materi dan mengenalkan budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas V SD/MI yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi/konstruksi, dan tahap tes, evaluasi dan revisi. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas V-C SD Negeri 3 Guntung Manggis. Teknik analisis data menggunakan instrumen validasi, tes evaluasi akhir pembelajaran, dan angket respon guru dan peserta didik. Validasi dilakukan oleh 3 validator. Uji coba dilakukan kepada 27 peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian dari validator diperoleh nilai 3,76 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil tes akhir pembelajaran yang telah dianalisis diperoleh nilai 88,89% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil angket respon guru yang telah dianalisis diperoleh nilai 95,83% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik yang telah dianalisis diperoleh nilai 87,19% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, modul ajar berbasis kurikulum merdeka pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas V SD/MI dapat dinyatakan valid, efektif, dan praktis.

Kata kunci: Modul ajar, etnomatematika, bangun datar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI