DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA DALAM TARI KREASI BATOPENG CAKRAWATI DESA DANDA JAYA KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ILHAM AZZAHRUL RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-14


ABSTRAK

 

ILHAM AZZAHRUL RAHMAN. 2024. Nilai-Nilai Sosial Budaya Dalam Tari Kreasi Batopeng Cakrawati Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing: Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos., M.A.,M.Pd.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu nilai-nilai sosial budaya dalam tari kreasi Batopeng Cakrawati yang terbentuk dari hasil kolaborasi dua etnis di masyarakat Banjar dan masyarakat Jawa pada desa transmigrasi Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini akan membahas tentang: a) Bagaimana nilai-nilai sosial budaya dalam Tari Kreasi Batopeng Cakrawati Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi nilai-nilai sosial budaya dalam Tari Kreasi Batopeng Cakrawati Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan sistematis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menyatakan bahwa peneliti fokus pada nilai-nilai sosial budaya serta faktor-faktor yang mempengaruhi sosial budaya. Nilai sosial budaya adalah nilai-nilai sosial yang kemudian menjadi kebudayaan masyarakat sebuah kelompok atau desa kemudian terdapat dalam sebuah tari kreasi baru Batopeng Cakrawati. Faktor yang mempengaruhi adalah Senasib dan Sepenanggungan Sebagai Masyarakat Transmigrasi, Kebudayaan Yang Sama, Minoritas Dalam Mayoritas Masyarakat.

 

Kata Kunci: Nilai Sosial Budaya, Tari Kreasi Batopeng Cakrawati.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI