DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKOWISATA MANGROVE RAMBAI (SONNERATIA CASEOLARIS) CENTER DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:AGUSTINA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-14


Agustina Hayati, 2024. Ekowisata Mangrove Rambai (Sonneratia Caseolaris) Center di Desa Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, M.A dan Pembimbing II:  Jumriani, M.Pd.

 

Satu diantara permasalahan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS ialah hanya terpaku pada buku teks, hal ini menjadikan tenaga pendidik tidak dapat mengembangkan pembelajaran dengan memberikan pengalaman terhadap peserta didik. Oleh karena itu, dengan menggunakan sumber belajar yang mudah diterima dan dipahami oleh peserta didik dengan mengaitkan pembelajaran IPS pada konteks lingkungan sekitar peserta didik dapat menjadi alternatif dalam peserta didik untuk memperoleh dan memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk : (1 Mendeskripsikan gambaran umum ekowisata Mangrove Rambai(Sonneratia Caseolaris)Center di Desa Anjir Serapat Muara. 2) Mendeskripsikan ekowisata Mangrove Rambai(Sonneratia Caseolaris)Center di Desa Anjir Serapat Muara. 3) Mendeskripsikan ekowisata Mangrove Rambai (Sonneratia Caseolaris)Center di Desa Anjir Serapat Muara dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi terhadap kawasan ekowisata, wawancara dengan Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Pokdarwis, masyarakat dan guru mata pelajaran IPS dan dokumentasi berupa rekaman dan gambar. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dalam membuat pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data dari tujuan penelitian, penyajian data dengan deskripsi kata-kata dan dilengkapi dengan tabel, gambar, verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.

Hasil dari penelitian ini bahwa: 1) Ekowisata Mangrove Rambai (Sonneratia Caseolaris) Center di Desa Anjir Serapat Muara berdiri pada april 2019. 2) Sebagai upaya dalam pelestarian lingkungan dan memiliki potensi mangrove rambai (sonneratia caseolaris) dan spesies endemik khas Kalimantan Selatan bekantan (Nasalis Larvatus),juga sebagai tempat aktivitas dan pakan bagi bekantan dan satwa liar lainnya. 3)Dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS kelas VII semester I, selaras dengan materi ajar ruang dan interaksi antar ruang dan materi potensi sumber daya alam dan kemaritiman Indonesia. Berdasarkan hasil temuan peneliti, ekowisata ini dijadikan sebagai pelestarian hutan mangrove rambai (Sonneratia caseolaris). Serta dimanfaatkan sebagai sumber belajar agar peserta didik dapat menganalisis lingkungan di sekitar mereka dan mendapatkan informasi melalui pembelajaran kontekstual.

 

Kata kunci: Ekowisata, Mangrove Rambai, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI