DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:EKO SANYOTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-17


ABSTRAK

 

 

Sanyoto, Eko. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Banjarbaru. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D. Pembimbing II: Dr. H.A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Lingkungan, Kepuasan, Kinerja

 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadapkinerja guru di SMAN Kota Banjarbaru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional menggunakan model analisi jalur (Path analysis) untuk menganalisis pengaruh antar variabel. Populasi penelitian sebanyak 163 guru dari 4 SMAN di wilayah kota Banjarbaru dan diambil 116 responden sebagai sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan teknik Proportionate Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji inferensial dan analisis jalur (path analysis).

Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,327, variabel lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,334, variabel kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,331,  variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap lingkungan kerja sebesar 0,876, variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 0,858, variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui lingkungan kerja sebesar 0,293 dan variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0,284

Kesimpulan penelitian ini adalah gambaran mengenai kepemimpinan instruksional kepala sekolah, lingkungan kerja dan kepuasan kerja termasuk katagori tinggi dan kinerja guru msauk katagorisedang. Terdapat pengaruh secara langsung atau parsial dari variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah, lingkungan kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMAN Kota Banjarbaru dan terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN Kota Banjarbaru melalui media perantara baik lingkungan kerja atau kepuasan kerja.

Saran agar kepala sekolah lebih dapat meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru agar mendapatkan data kemampuan guru dan kekurangannya. guru. Guru juga harus menjaga tingkat kepuasan kerjanya agar lebih mudah untuk meningkatkan kinerja guru dan guru agar terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya memperbaiki kemampuannya agar prestasi belajar siswa terus meningkat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI