DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, SUPERVISI AKADEMIK DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP DISIPLIN GURU SDN DI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN
PENGARANG:TRISNO AJI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-19


ABSTRAK

Trisno Aji, 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Dan Komitmen Kerja Terhadap Disiplin Guru SDN Di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D, Pembimbing II : Dr. Hj. Mahrita

Kata Kunci :  Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik, Komitmen Kerja, Disiplin Kerja

 

Keberhasilan suatu sistem pendidikan bergantung pada kedisiplinan seorang guru, yang merupakan tulang punggung sistem pendidikan. Disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi dan mentaati norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya. Banyak kekeliruan yang menyatakan dirinya sebagai guru yang profesional sementara guru tersebut tidak disiplin. Disiplin juga dipengaruhi beberapa faktor yaitu kepemimpinan transformasionl kepala sekolah, supervise akademik dan komitmen kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional, supervsisi akademik dan komitmen kerja terhadap disiplin guru SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan  sebanyak 312 orang dengan sampel sebanyak 175 orang ditentukan menggunakan Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan disiplin guru sebesar 0,337, supervisi akademik dengan disiplin kerja sebesar 0,334, komitmen kerja dengan disiplin guru sebesar 0,296, kepemimpinan transformasional dengan komitmen kerja sebesar 0,395, dan supervise akademik terhadap komitmen kerja sebesar 0,495, Selain itu juga didapatkan pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja melalui komitmen kerja sebesar 0,116 dan supervise akademik terhadap disiplin guru melalui komitmen kerja sebesar 0,146.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah dan guru dapat meningkatkan atau membangkitkan lagi semangat para guru dengan menjalin hubungan baik sesama guru seperti adanya rasa saling percaya dan saling dukung antar guru dapat menciptakan disiplin kerja yang baik pula, bagi guru untuk selalu berkomitmen terhadap pekerjannya, meningkatkan rasa tulus dalam bekerja, menjaga kedisiplinan kerjanya, bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan keberanian dalam memberikan saran atau masukan yang berguna untuk kemajuan sekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI