DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Kelulusan Calon Guru Bersertifikat di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:DESI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-19


ABSTRAK

Desi, 2120421320024. 2023. Implementasi Kebijakan Kelulusan Calon Guru Bersertifikat di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat, Dibawah bimbingan (1) Muslih Amberi.

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Implementasi Kebijakan Kelulusan Calon Guru Bersertifikasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara dan Untuk Mengetahui Faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Kelulusan Calon Guru Bersertifikasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara.

Metode Penelitian menggunakan Pendekatan pendekatan kualitatif, Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, Fokus penelitian yang ditetapkan dari permasalahan yang ada adalah terkait Implementasi Kebijakan Kelulusan Calon Guru Bersertifikat di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (Komunikasi) penyampaian informasi dari pelaksana kebijakan kepada peserta berupa sosialisasi (Sumber Daya) yang sudah bersertifikat pendidik per tahun 2022-2023 yaitu sebanyak 1.082 orang atau 40% dari total jumlah keseluruhan, (Disposisi) penempatan staf tendik pada Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara belum sesuai dengan keahlian, (Struktur Birokrasi) Petunjuk Teknis hampir sama dengan SOP yaitu sebagai rambu-rambu yang mengatur sertifikasi guru agar terlaksana dengan baik - Permendikbud No, 11/2011, Permendikbud No. 37/2017 dan Peraturan Menteri No.4/2022.

Saran Peneliti yakni Meningkatkan kualitas pelaksanaan Kelulusan calon guru bersertifikasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara dengan prosuder pelaksanaan yang sesuai, Meningkatkan peran tim sertifikasi guru, dengan melakukan optimalisasi pemenuha standarisasi dan prosuder dengan menambah tenaga yang kompoten untuk melaksanakan tugas secara profesional sehingga program sertifikasi guru dapat berjalan sesuai dengan prosuder pelaksanaan. Peningkatan perubahan kualitas akademis maupun non akademis terhadap guru, seperti meningkatkan guru lebih profesional, perlu dilakukan pembinaan yang intensif terhadap guru yang telah disertifikasi agar peningkatan kesejahteraan guru lebih terjamin. Memberikan sosialisasi lebih intensif lagi kepada kepala sekolah dan guru, dengan adanya sertifikasi guru ini bukan hanya sekedar mendapatkan tunjangan profesi tetapi juga harus ada peningkatan kualitas gutu lebih profesionalisme.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan Calon Guru Bersertifikat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI