DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kapasitas Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Lokbinuang Kecamatan Telaga Langsat
PENGARANG:SABILARRASAD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-20


ABSTRAK

Sabilarrasad, 1920421310004, 2023. “Kapasitas Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Di Desa Lokbinuang Kecamatan Telaga Langsat. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan FISIP ULM, dibawah bimbingan Ahmad Suriansyah selaku pembimbing I dan Samahuddin selaku pembimbing II.

Tujuan penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas Perangkat Desa dalam pengelolaan Keuangan Desa di Desa Lokbinuang Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yakni tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan tersebut dipilih karena penelitian ini berusaha untuk memperoleh gambaran tentang suatu gejala atau mendapatkan informasi keadaan wilayah. Lokasi penelitian tentu saja adalah Pemerintah Desa Lokbinuang Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan kapasitas Pemerintah Desa dalam pengelolaan keuangan desa di Desa Lokbinuang, dapat dikatakan baik karena adanya kejelasan visi dan yang dapat diturunkan menjadi program program seperti pembangunan dan pemberdayaan yang jelas termuat besaran anggaran yang diperlukan. Meskipun aspek pemberdayaan tidak terlalu diperhatikan dalam arti dana yang disediakan terlalu kecil mengingat besarnya potensi lain yang dimiliki oleh Desa Lokbinuang. Lebih dari itu Kapasitas infrastruktur dapat dikatakan baik dengan adanya logistik bagi kebutuhan kantor juga terdapatnya bangunan fisik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya dalam pengelolaan keuangan, penyediaan anggaran unttuk infrastruktur pun ada, sistem bekerja dengan baik khususnya pada unsur proses yang mana dalam unsur tersebut perencanaan kelola keuangan dalam bentuk APBDes dijalankan secara partisipatif. Hal tersebut beriringan dengan terselenggaranya prinsip persamaan (equality) dalam hal perencanaan tata kelola keuangan desa (APBDes) dan adanya trasnparansi atau keterbukaan khususnya dalam pelaksanaan forum Musyawarah Desa dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat desa.

Kata Kunci : Kapasitas Perangkat Desa, Pengelolaan Keuangan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI