DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ALUH ALUH
PENGARANG:ANNISA WULAN DARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


Annisa Wulan Dari, 2024. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ALUH ALUH. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing I: Mahmudah Hasanah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Ananda Setiawan, M.Pd.)

Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS SMAN 1 Aluh-Aluh pada mata pelajaran ekonomi yang disebabkan oleh guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ekspositori yang didominasi ceramah dan pemberian latihan yang membuat proses pembelajaran minim interaksi sehingga siswa cenderung tidak responsif dan merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran yang kemudian berdampak buruk pada hasil belajar. Maka, diterapkan salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu Student Team Achievement Division (STAD) yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) yang menekankan pada interaksi dan kerja sama tim untuk memahami materi pelajaran agar memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STAD; (2) Membandingkan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kelas XI di SMA Negeri 1 Aluh Aluh. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji-t berupa Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test dan disertai uji korelasi. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran STAD yang dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (Ekspositori), yang ditunjukkan dengan hasil uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan koefisien korelasi yang didapatkan dalam penelitian ini adalah 0,374 yang diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa sebesar 37,4%. Kemudian, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran STAD pada materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi tergolong sangat positif yang mengindikasikan bahwa siswa merasa senang dan termotivasi dalam belajar ekonomi dengan model STAD. Selain itu, respon yang sangat positif ini mengartikan bahwa model pembelajaran STAD telah terlaksana dengan baik.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Hasil Belajar, Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI