DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI INDEKS HARGA KELAS XI IPS SMA IT BABUSSALAM KAPUAS
PENGARANG:MURNI SETIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


Murni Setiani, 2023. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI INDEKS HARGA KELAS XI IPS SMA IT BABUSSALAM KAPUAS. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: MaulanaRizky, M.Acc, Ak. Pembimbing II: Dr.Ananda Setiawan M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi materi indeks harga kelas XI IPS SMA IT Babussalam Kapuas. Penelitian ini mengukur kelayakan, kepraktisan, dan efevektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model 4-D. Prosedur pengembangan meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dissemination (penyebarluasan). Hasil dari penelitian menunjukkan proses pegembangan media pembelajaran berbasis powtoon dimulai dari a) analisis awal, analisis siswa, perumusan tujuan pembelajaran dengan wawancara b) penetapan materi, rancangan awal c) validasi ahli media dan materi, revisi, uji pengembangan terbatas kepada siswa, penyebarluasan. Validasi ahli materi menujukkan bahwa skor rata-rata diperoleh sebesar 4,4 dengan persentase 88% kategori “sangat valid”. Sedangkan validasi ahli media menunjukkan skor rata- rata diperoleh sebesar 4 dengan persentase 80.5% kategori “valid”. Revisi media pembelajaran sesuai dengan saran dan masukan dari validator. Kemudian dilakukan penilaian tingkat kepraktisan oleh guru memperoleh presentase sebesar 84% dengan kategori “Sangat Praktis”. Adapun uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terbatas untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis powtoon. Penilaian pada uji kelompok kecil dengan presentase 91,2% kategori “sangat praktis”. Sedangkan pada uji kelompok besar dengan presentase 88,11% kategori “sangat praktis”. Penelitian ini memiliki efektifitas yang baik untuk diterapkan didalam pembelajaran hal ini dapat dibuktikan dengan uji t ‘uji paired sample T- Test” menunjukan angka yang signifikan antara nilai pre test dengan nilai post test dengan nilai signifikansi (2-tailed) p= 0,000, < 0,05. Hipotesis nol (H0) pada penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi indeks harga.

Kata kunci : media pembelajaran powtoon, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI