DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, TINGKAT PENDIDIKAN, UPAH MINIMUM, JUMLAH PENDUDUK, DAN BELANJA MODAL TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2013 – 2022
PENGARANG:ASTRI HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-21


Astri Hidayah (2024) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Upah Minimum, Jumlah Penduduk dan Belanja Modal Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2013 – 2022. Pembimbing: Chairul Sa’roni, SE., M.Si.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, tingkat pendidikan, upah minimum, jumlah penduduk dan belanja modal terhadap penyerapan tenaga kerja. Dengan data sekunder yang bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi data panel, merupakan penggabungan data time series tahun 2013 – 2022 dan data cross section sebanyak 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan yang diolah menggunakan aplikasi Eviews 12.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pertumbuhan ekonomi, tingkat pendidikan, upah minimum, jumlah penduduk dan belanja modal mempengaruhi penyerapan tenaga kerja secara simultan; (2) pertumbuhan ekonomi, tingkat pendidikan dan belanja modal tidak berpengaruh, serta upah minimum dan jumlah penduduk berpengaruh positif signifikan pada penyerapan tenaga kerja Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2013 – 2022; (3) upah minimum faktor yang paling dominan mempengaruhi.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Upah Minimum,  Jumlah Penduduk, Belanja Modal dan Penyerapan Tenaga Kerja.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI