DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKSI INTERPERSONAL MAHASISWA/i TULI (Studi Kasus Mahasiswa/i Prodi PKH Angkatan 2017 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)
PENGARANG:EVI YANI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-23


ABSTRAK

 

Evi Yani Astuti, 1710414620009, 2017, Komunikasi Interpersonal Mahasiswa/i Tuli (Studi Kasus Mahasiswi Prodi PKH Angkatan 2017 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin), dibawah bimbingan Lalita Hanief danNoviana Sari

Komunikasi interpersonal pada mahasiswa tuli dengan mahasiswa/i normal itu sangat penting pada lingkungan kampus, karena mahasiswa/i tuli sangat sulit untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan mahasiswa/i normal pada umunya jika tidak menggunakan komunikas nonverbal, membangun kepercayaan diri mereka dalam berinteraksi dengan mahasiswa/i normal pun sangat sulit karena keterbatasan yang ia miliki mereka merasa malu dan merasa sendiri. Salah satu yang perlu diperhatikan diantaranya umpan balik dari mahasiswa/i tuli dalam berkomunikasi melalui interaksi yang terjadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi yang efektif yang digunakan mahasiswa/i tuli dengan mahasiswa/i normal pada umumnya melalui interaksi dilingkungan kampus, kendala mahasiswa/i tuli, dan upaya mahasiswa/i normal dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan mahasiswa/i tuli.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i tuli dan mahasiswa/i normal dari Prodi Pendidikan Khusus, penelitian dilakukan di rumah mereka masing-masing. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, penarikn kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Komunikasi yang dilakukan mahasiswa/i tuli dengan mahasiswa/i normal lainnya mempunyai kesamaan, dimana mahasiswa/i tuli Eka, Elsa dan Asef melakukan perannya sebagai komunikator dalam berkomunikasi dan berinteraksi di sekitar lingkugan kampus dengan mahasiwa/i normal agar terdapat komunikasi yang efektif. 2) Kendala yang dirasakan dari masing-masing mereka memilki kesamaan, yaitu sama-sama sangat kesulitan dalam penyampaian pesan komunikasi yang efektif kepada mahasiswa/i normal lainnya dan mahasiswa normal harus berulang-ulang dalam penyampaian pesan saat berkomunikasi . 3) Upaya yang dilakukan masing-masing dari mereka juga tentu nya memiliki kesamaan karena kendala yang dihadapi juga sama untuk mendapatkan komunikasi yang efektif.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Interaksi, Mahasiswa/i Tuli, Mahasiswa/i Normal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI