DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) UP2D KALSELTENG
PENGARANG:JUNAN MUTAMADRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-23


Junan Mutamadra, Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Keseimbangan Kehidupan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. PLN (Persero) UP2D Kalselteng. Meiske Claudia (Pembimbing).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kecerdasan emosi (X1) dan keseimbangan kehidupan kerja (X2) sebagai variabel independen,  kepuasan kerja (Z) sebagai variabel mediasi terhadap organizational citizenship behavior (Y) sebagai variabel dependen pada PT. PLN (Persero) UP2D Kalselteng.

            Metode penelitian ini menggunakan kuisioner dengan keseluruhan populasi sebanyak 60 karyawan PT. PLN (Persero) UP2D Kalselteng diambil sebagai sampel.  Pengukuran variabel menggunakan teknik Skala Likert dengan skala 1 sampai 5.  Untuk mengetahui pengaruh variabel X1, X2, Z terhadap Y  menggunakan teknik analisis kuantitatif, PLS-SEM dan untuk menguji tingkat  signifikansi menggunakan Program SmartPLS 3.0.

            Hasil uji pengaruh langsung pada penelitian menunjukkan kecerdasan emosi berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB), keseimbangan kehidupan kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap OCB, kecerdasan emosi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, keseimbangan kehidupan kerja berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja.  Sedangkan uji pengaruh mediasi menunjukkan kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh kecerdasan emosi terhadap OCB dan kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh keseimbangan kehidupan kerja terhadap OCB.

Kata kunci : Kecerdasan Emosi, Keseimbangan Kehidupan Kerja, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI