DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU SEJARAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SILAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-25


Peran guru sangat penting untuk membentuk karakter nasionalisme siswa, karakter nasionalisme harus dimiliki oleh setiap orang hususnya siswa yang menjadi generasi penerus bangsa. Oleh karena itu guru membuat perencanaan pembelajaran. Upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter nasionalisme siswa salah satunya adalah memilih model pembelajaran, metode yang digunakan dalam pembelajaran, dan yang terakhir adalah media pembelajaran. Jika semua rangkaian pembelajaran dapat terlaksana dengan baik maka besar kemungkinan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Obeservasi dilakukan di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI AP 2 di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Sedangkan wawancara dilakukan dengan guru mata pelajaran sejarah dan siswa-siswi kelas XI AP 2. Dalam pengambilan sumber data dilakukan dengan purposive adapun dalam uji analisis sebuah data menggunakan tringulasi teknik. Model teknik analisis data menggunakan acuan dari Miles dan Huberman yang mencakup mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah membentuk karakter nasionalisme siswa dapat dilihat dari RPP yang dibuat oleh guru (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah untuk membentuk karakter nasionalisme siswa yang mencakup kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup, (3) Evaluasi pembelajaran sejarah untuk membentuk karakter nasionalisme siswa.

 

  Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI