DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INFOGRAFIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRONOLOGIS SISWA KELAS XI MPLB DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KAMELIA. A
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-26


Kemampuan berfikir kronologis siswa di SMK Negeri 1 Banjarmasin terbilang
rendah. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengingat urutan waktu
terjadinya peristiwa sejarah. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
media infografis digital terhadap kemampuan berfikir kronologis siswa kelas XI
MPLB di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan
true experimental
design
dengan post-test only control design. Populasi yang diambil pada penelitian ini
adalah kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan teknik
purposive
sampling
. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi.
Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Teknik analisis data dilakukan dengan di uji sebanyak tiga kali, yaitu uji statistik
deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas menggunakan
shapiro-wilk menunjukkan nilai sig. 0,071 maka dikatakan terdistribusi normal dan
hasi uji homogenitas dengan uji
levene’s test sebesar 0,941 maka dikatakan homogen.
Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas
eksperimen sebesar 0,4880 dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sebesar -
0,4880. Sedangkan hasil perhitungan ketika diberikan perlakuan (
post-test) melalui
nilai uji-t
independent samples test (t-hitung) -43,336 dan nilai (t-tabel) sebesar
1.67866 dengan nilai p sebesar 0,001 maka dapat dikatakan ada perbedaan rata-rata
antara kemampuan berfikir kronologis kelas eksperimen (
post-test). Dapat
disimpulkan bahwa dari hasil analisis kemampuan berfikir kronologis antar kelas
kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t dengan
independent samples
test
diperoleh hasil sebesar 0,001 kurang dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh
signifikan antara penggunaan media infografis digital terhadap kemampuan berfikir
kronologis siswa kelas XI MPLB di SMK Negeri 1 Banjarmasin.


Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kronologis, Media Infografis, Pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI