DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
PENGARANG:ASIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


Materi barisan dan deret aritmetika penting untuk dipahami bagi siswa karena dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika. Oleh karena itu, dikembangkanlah modul ajar berbasis computational thinking. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan proses pengembangan modul ajar matematika berbasis computational thinking pada materi barisan dan deret aritmetika kelas X Sekolah Menengah Atas dan (2) menghasilkan modul ajar matematika berbasis computational thinking pada materi barisan dan deret aritmetika kelas X Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XC SMAN 1 Danau Panggang. Teknik pengumpulan data meliputi instrumen validasi modul ajar, angket respon guru dan siswa, dan evaluasi siswa. Hasil validasi ahli sebesar 83,15% dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan dari respon guru sebesar 91,67% danrespon siswasebesar 86,57% dengan kriteria sangat praktis. Hasil analisis evaluasi siswa memiliki persentase ketuntasan siswa sebesar 76,67% dengan kriteria efektif.Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa modul ajar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI