DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PENGELOLAAN KEUANGAN, DAN KUALITAS ANGGARAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZA AZMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


Muhammad Riza Azmi (2023), Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Keuangan, dan Kualitas Anggaran Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Pembimbing: Hamdani, SE, M.Si, Ak, CA.

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas sumber daya manusia, pengelolaan keuangan, dan kualitas anggaran terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Populasi pada penelitian ini adalah pegawai bagian perencanaan dan bagian keuangan di setiap instansi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Jumlah populasi instansi secara keseluruhan berjumlah 48 instansi. Teknik pengambilan sampel objek instansi menggunakan purposive sampling dengan rumus slovin yang hasilnya sebanyak 43 instansi. Objek penelitian yang digunakan yaitu pegawai bagian perencanaan dan keuangan pada setiap instansi pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang berjumlah 129 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mix methods) dengan jenis sequential explanatory. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer berupa penyebaran kuesioner dan beberapa pegawai untuk wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Pengelolaan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Kualitas anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kata kunci: Kualitas Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Keuangan, Kualitas Anggaran, Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI