DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT KONTRAK RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Muhammad Zein Al Maldini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


Muhammad Zein Al Maldini (2024) Pengaruh Quality of Work Life dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru.

Pembimbing: Rini Rahmawati

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Quality of Work Life terhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru; 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan Quality of Work Life dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat (kausal) dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perawat Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 63 orang perawat kontrak pada Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistics 26.

Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif Quality of Work Life terhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbarudan adanya pengaruh positif Kompensasiterhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Hasil uji F pada penelitian ini membuktikan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh Quality of Work Life dan Kompensasiterhadap Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh quality of work life (X1) dan kompensasi (X2) sebesar 78,6%, sedangkan 21,4% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Quality of Work Life, Kompensasi, Kepuasan Kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI