DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (Studi Kasus pada Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut)
PENGARANG:MUHAMMAD YAASIIN RAHMATULLOH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


ABSTRAK

Muhammad Yaasiin Rahmatulloh (2024). Pengaruh Komitment Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi Kasus pada Pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut). Pembimbing : Rini Rahmawati

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komitment organisasi dan kepuasan kerja baik  secara parsial  maupun secara simultan terhadap kepuasan kerja Pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat atau kausal dalam melihat hubungan         variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis non-probability samplingdengan teknik sampel purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 39 orang seluruh pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistic 26.

Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior dan adanya pengaruh positif antara variabel kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut. Hasil uji F pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh secara bersama-sama dari variabel komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada pegawai tidak tetap Daerah (PTTD) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanah Laut.

 

Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI