DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA DI KABUPATEN MURUNG RAYA
PENGARANG:YOSIA MANTUH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-27


ABSTRAK

 

Yosia Mantuh. NIM 2020419320024. Pembimbing I: Mahyuni; Pembimbing II: Muhammad Riduansyah Syafari. Peranan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Sejahtera di Kabupaten Murung Raya.

 

Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan kelompok UPPKS di Kabupaten Murung Raya menggambarkan bahwa pemerintah Kabupaten Murung Raya masih belum menerapkan prinsip administasi publik yang demokratis, adil, merata dan akuntabel karena Pemda mengitervensi peningkatan jumlah kelompok UPPKS tanpa mempertimbangkan tingginya kelompok yang pasif, aspek pemberdayaan pelatihan dan perhatian yang kurang serta pada aspek dukungan pemerintah terkait anggaran yang masih minim. Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis peranan kelompok dan hambatan UPPKS dalam meningkatkan pendapatan keluarga sejahtera di Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan informan Kepala DP3A DALDUKKB dan Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, serta ketua kelompok UPPKS yang aktif dan tidak aktif. Metode pengumpulan datanya yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Peranan kelompok UPPKS dalam meningkatkan pendapatan keluarga sejahtera di Kabupaten Murung Raya pada aspek keaktifan kelompok yaitu pengurus kelompok berperan aktif dalam meningkatkan usaha ekonomi produktif kelompoknya dan DP3A DALDUKKB memberikan peran aktifnya dalam sosialisasi, pembinaan, pelatihan dan evaluasi. Anggota kelompok UPPKS berperan partisipatif dalam memilih dan dipilih menjadi pengurus kelompok serta bekerjasama dan bergotong royong untuk modal awal usaha, mencari bahan baku, memproduksi produk, serta memasarkan hasil usaha kelompok kepada masyarakat. Peran pasif kelompok dimulai dari tahapan awal pembentukan kelompok, jenis usaha yang dijalankan serta topik-topik pelatihan yang diikuti oleh anggota kelompok UPPKS di Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa peranan kelompok UPPKS dalam meningkatkan pendapatan keluarga sejahtera di Kabupaten Murung Raya berperan meningkatkan usaha dan pendapatan anggotanya, berpatisipasi dalam memilih dan dipilih menjadi pengurus, serta berperan pasif terhadap pembentukan awal kelompok, namun kurang mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari dinas terkait karena alokasi anggaran yang tidak memadai dalam pengembangan kelompok UPPKS di Kabupaten Murung Raya. Berdasarkan hasil penelitian dalam meningkatkan keaktifan anggota UPPKS sebaiknya anggaran ditingkatkan untuk UPPKS, sosialisasi yang efektif kepada kelompok UPPKS, melakukan pelatihan yang terstruktur, dan anggota UPPKS diarahkan menggunakan teknologi.

 

 

Kata Kunci: Peranan, Keaktifan, Pemberdayaan, UPPKS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI