DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA AKUN @SABRINAMAIDAAAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI KESEHATAN MENTAL PADA GENERASI Z (STUDI PADA FOLLOWERS AKUN TIKTOK @SABRINAMAIDAAAH)
PENGARANG:MONA AULIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-28


Mona Aulia Putri, 1910414320048, 2023. Pemanfaatan Media Sosial TikTok Pada Akun @sabrinamaidaaah Sebagai Media Informasi Kesehatan Mental Pada Generasi Z. Dibawah bimbingan Sarwani.

            Akun media sosial TikTok @sabrinamaidaaah merupakan akun TikTok yang dibuat untuk menyebarkan informasi mengenai kesehatan mental, hal ini juga didorang karena profesi pemilik akun adalah seorang Psikolog. Pada era kemajuan teknologi informasi, media sosial khususnya TikTok menjadi pilihan yang tepat dalam menyebarkan berbagai macam informasi terutama mengenai kesehatan mental. Kepopuleran dan kemudahan penggunaan aplikasi TikTok menjadi salah satu alasan banyak orang yang mulai menggunakan TikTok. TikTok tidak hanya digunakan sebagai media untuk menyebarkan hiburan, tetapi media sosial TikTok juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi, ini lah yang dilakukan oleh akun TikTok @sabrinamaidaaah, memanfaatkan media sosial TikTok untuk berbagi informasi mengenai kesehatan mental kepada para pengikutnya terutama pada kalangan Generasi Z.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan akun TikTok @sabrinamaidaaah sebagai media informasi kesehatan mental. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian diuji keabsahannya dengan triangulasi metode. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori New Media dan Teori Kesempurnaan Media (Media Richness Theory).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun TikTok @sabrinamaidaaah, memanfaatkan fitur-fitur yang dikira perlu dan dapat mempermudah proses penyebaran video, selain itu juga diharapkan video yang diunggah dapat dinikmati oleh Generasi Z. Adapun fitur-fitur yang dimanfaatkan antara lain, auto caption, musik, stitch video, membalas komentar dengan video, dan menggunakan playlist.

Kata Kunci : Pemanfaatan, TikTok, Media Sosial, Kesehatan Mental.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI