DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN PENGELUARAN PEMERINTAH DAN INVESTASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DAN KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:MUHAMMAD MAYASIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-03-28


Muhammad Mayasin (2023).Perbandingan Pengeluaran Pemerintah Dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Kalimantan Selatan Dan Kalimantan Timur.

Pembimbing: Dr. Saipudin, SE, M. Si, Ak, CA

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengeluaran Pemerintahan dan Tingkat Investasi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur dan untuk menganalisa besar pengaruh antar variabel dan variabel manakah yang signifikan dari variabel-variabel yang diteliti.

Deskriptif kuantitatif merupakan jenis yang digunakan pada penelitian ini, metode yang digunakan analisis regresi data panel dengan data time series dengan menggunakan data dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan dan 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur dalam periode tahun 2016-2021. Analisa dari metode yang digunakan menunjukkan variabel pengeluaran pemerintah memiliki nilai probabilitas sebesar 0,4779, variabel Investasi DN memiliki nilai probabilitas sebesar 0,5993, dan variabel Investasi LN memiliki nilai probabilitas sebesar 0,0493. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan, variabel Investasi Luar Negeri merupakan variabel yang signifikan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur tahun 2016-2021.

Kata Kunci: Pengeluaran Pemerintah; Penanaman Modal Dalam Negeri; Penenaman Modal Asing; Pertumbuhan Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI