DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Intertekstual antara Naskah Drama Demang Lehman Karya Adjim Arijadi dan Film Panglima Tanpa Kepala Sutradara Anggi Pradana Irfansyah
PENGARANG:MUHAMMAD RIFKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-01


Rifki, Muhammad. 2023. Hubungan Intertekstual antara Naskah Drama Demang Lehman Karya Adjim Arijadi dan Film Panglima Tanpa Kepala Sutradara Anggi Pradana Irfansyah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing Pertama: Prof. Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; Pembimbing Kedua: Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata Kunci: intertekstual, naskah drama dan film, demang lehman, panglima tanpa kepala

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan intertekstual antara naskah drama Demang Lehman dan film Panglima Tanpa Kepala dilihat dari struktur permukaan yang melingkupinya, yaitu tokoh, latar dan alur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan intertekstualitas. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah naskah drama DL dan film PTK. Sumber data adalah dialog dan narasi yang terdapat dalam naskah drama DL dan film PTK. Instrumen penelitian adalah penulis sendiri dan tabel klasifikasi untuk merangkum data tokoh, alur, dan latar. Teknik pengumpulan data dengan teknik baca, teknik simak, dan teknik catat.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat kesamaan dan perbedaan darihipogram berupa naskah drama DL karya Adjim Arijadi yang bertransformasi menjadi film PTK sutradara Anggi Pradana Irfansyah. Transformasi berikut berupa pengkonkretan cerita perjuangan Demang Lehman ke dalam tokoh, latar, dan alur. Dari penelitian tersebut ditemukan tiga deskripsi pola pengembangan, yaitu ekspansi, modifikasi, dan eksperp. Bentuk transformasi dengan ekspansi meliputi aspek tokoh. Pengubahan klasifikasi karakter dari naskah drama DL dengan film PTK. Dalam pola modifikasi terdapat beragam pembaruan dalam film PTK. Pada taraf penokohan telah terjadi pengubahan dan pembaruan karakterisasi tokoh tersebut. Dalam aspek alur terdapat pembaruan dari segi penyampaian latar. Pada aspek alur terlihat modifikasi jenis alur dan struktur pengembangan alur. Pola eksperp merupakan pemindahan tokoh, alur, dan latar dalam naskah drama DL menuju film PTK dengan berfokus pada pengambilan intisari cerita Demang Lehman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI