DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH PENGGERAK SMAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:IKHSANUL AMAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada penerapan Kurikulum Merdeka terhadap motivasi belajar ekonomi siswa kelas XII SMAN 5 Banjarmasin dan seberapa kuat hubungan antara kedua variabel tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 231 siswa yang memilih pelajaran ekonomi di kelas XII SMAN 5 Banjarmasin, sampel berjumlah 70 yang diambil menggunakan rumus slovin dengan teknik proporsional sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner, untuk uji validitas dan reliabilitas menggunakan uji Confirmatory Factor Analysis dan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi untuk pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap motivasi belajar adalah sebesar 0,000 > 0,05, artinya Kurikulum Merdeka berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi belajar. Uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan nilai sebesar 0,423. Hal ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar memiliki hubungan positif, dengan kategori cukup atau sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan Kurikulum Merdeka terhadap motivasi belajar ekonomi siswa SMAN 5 Banjarmasin dan uji Korelasi Rank Spearman menunjukkan nilai sebesar 0,423. Hal ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar memiliki hubungan positif, dengan kategori cukup atau sedang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI