DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Collaborative Governance dalam Pelaksanaan Program Kampung KB Guntung Manggis (Studi Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru)
PENGARANG:ANDYA AGISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


Andya Agisa, 2023. Strategi Collaborative Governance dalam Pelaksanaan Program Kampung KB Guntung Manggis (Studi Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru). Tesis Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik, Universitas Lambung Mangkurat. Di bawah bimbingan Gazali Rahman.

 

Pemenuhan kualitas hidup penduduk dan kesejahteraan masyarakat semakin kompleks di era tantangan globalisasi saat ini. Masyarakat lebih mengetahui hak, kewenangan, dan semakin menuntut untuk terlibat dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut dikenal sebagai Collaborative Governance. Dalam kaitannya dengan Ilmu Pemerintahan, Collaborative Governance merupakan salah satu model strategi baru dari pemerintahan yang melibatkan berbagai stakeholders (pemangku kepentingan) secara bersamaan di dalam sebuah forum dengan aparatur pemerintah untuk peningkatan kualitas hidup penduduk Indonesia baik tingkat keluarga maupun masyarakat. Kampung KB Guntung Manggis menjadi Kampung KB terbaik di Kalimantan Selatan. Strategi Collaborative Governance ini lah yang digunakan dalam implementasi kebijakan Kampung KB Guntung Manggis, yang merupakan pengembangan dari konsep Governance dengan bertujuan pada efektifitas pembangunan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Collaborative Governance dalam pelaksanaan program Kampung KB Guntung Manggis; koordinasi stakeholder dalam pelaksanaan program Kampung KB Guntung Manggis; dan faktor yang mempengaruhi kualitas hidup keluarga dan masyarakat Kampung KB Guntung Manggis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Sumber data dipilih secara Purposive Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pisau analisa dalam penelitian ini menggunakan teori dari Anshell-Gash dan Deseve.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keberhasilan program Kampung KB di Guntung Manggis melalui strategi Collaborative Governance dapat dilihat dari beberapa ketercapaian, yaitu pada input, proses dan output 2) Koordinasi stakeholder dalam pelaksanaan program Kampung KB Guntung Manggis berjalan melalui beberapa tahap koordinasi dalam suatu proses kolaborasi, yaitu; a. Face to face dialogue (Dialog Tatap Muka), b. Trust-building (Membangun Kepercayaan), c. Commitment to the process (Komitmen terhadap proses), d. Shared Understanding (Pemahaman bersama), e. Intermediate outcomes (Hasil sementara). 3) Faktor yang mempengaruhi kualitas hidup keluarga dan masyarakat Kampung KB Guntung Manggis meliputi kerukunan dalam berkeluarga dan bermasyarakat, tingkat pendidikan, pemenuhan kebutuhan pokok dan keuangan, tingkat pendapatan dan manajemen rumah tangga, serta keamanan hidup lahir batin, peran instansi pemerintahan, dan partisipasi masyarakat.

 

Kata Kunci: Collaborative Governance, Program  Kampung KB, Kualitas Hidup, Kesejahteraan Masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI