DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PENGEMBANGAN TENUN PAGATAN DI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:Abricha Putra Nurhidaya
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


Abricha Putra Nurhidayanto, D1B113206, “Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Dalam Pengembangan Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu”. Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Sandra Bhakti.M, M.Si. selaku Pembimbing I dan Drs. H. Setia Budhi, M.Si, Ph.D selaku Pembimbing II.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian dalam Pengembangan Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dan informasi yang ditemukan dilapangan dianalisa secara deskriptif sehingga diperoleh gambaran yang sistematis untuk kemudian dapat di ambil suatu kesimpulan.

 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu dalam Pengembangan Tenun Pagatan sudah berjalan sesuai tujuan walaupun belum tercapai secara optimal. Masih adanya kendala yang mereka hadapi seperti alat dan bahan baku tenun yang masih terbatas sehingga masih mengandalkan kiriman dari luar daerah, minimnya pelatihan promosi dan penjualan melalui media online sehingga teknik pemasaran yang digunakan kebanyakan masih tradisional. Serta kurangnya minat generasi muda dalam menenun. 

 

Saran kepada pihak pemerintah kabupaten Tanah Bumbu, penenun maupun masyarakat untuk dapat bersama-sama saling berkoodinasi dalam upaya mengembangkan tenun Pagatan, agar industri kerajian ini bisa menjadi potensi yang bisa membanggakan daerah serta menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat setempat.

 

 

Kata kunci:   Strategi, Pengembangan, Tenun

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI