DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Kepala Dinas Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:NOVITA ARIANI DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


ABSTRAK

Novita Ariani Dewi, 2120421320009, 2023. “Kepemimpinan Kepala Dinas Dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara” dibawah bimbingan Gazali Rahman selaku pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peran Kepemimpinan Kepala Dinas dalam meningkatkan kinerja aparatur pemerintah daerah pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. dan mengetahui dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran Kepemimpinan Kepala Dinas dalam meningkatkan kinerja aparatur pemerintah daerah pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan sebagai informan penelitian adalah Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas, Kasubag Umum dan Kepegawaian, Kasubag Perencanaan Keuangan BMD, Staff.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Dinas dalam Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Kepala dinas dalam meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara adalah dengan memandang bawahan sebagai mitra kerja yang sama-sama memiliki tujuan untuk kemajuan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, membina hubungan yang harmonis agar terciptanya hubungan kerja yang serasi dan menciptakan suasana yang nyaman antara sesama pegawai dan atasan. Memberikan pembinaan kemampuan secara individu dan kelompok secara kontinu dan tidak bersifat parsial. Pemimpin juga selalu melakukan diskusi dan sharing dengan pegawai untuk mendengar bagaimana pendapat para pegawai dengan begitu memudahkan pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dengan beberapa peningkatan kinerja tersebut membuat pegawai merasa lebih di hormati, dihargai dan dilindungi sehingga mereka dapat meningkatkan kinerja dan bertangung jawab dengan tugas yang diberikan atasan kepadanya.

Diharapakan kepada Kepala Dinas Pendidikan agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kepemimpinannya dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai demi kemajuan instansi. Tetap menjalankan tugas secara optimal serta menunjukkan sikap sebagai pemimpin.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kinerja, Aparatur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI