DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMENSALISME TARIAN TOPENG IRENG OLEH KELOMPOK KESENIAN TRANSIMUDA DESA DANDA JAYA KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MIA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-02


Abstrak

Maulida, Mia. 2023. Komensalisme Tarian Topeng Ireng Oleh Kelompok Kesenian             Transimuda Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito            Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan     Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,             Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Edlin              Yanuar Nugraheni, M.Sn. (II) Putri Dyah Indriyani, M.Pd.

 

 

Kata Kunci : Komensalisme, Topeng Ireng, dan Transimuda

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komensalisme tarian Topeng Ireng pada kelompok kesenian Transimuda yang ada di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini akan membahas tentang : a) Bagaimana komensalisme tarian Topeng Ireng pada kelompok kesenian Transimuda  di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala, b) Faktor yang mempengaruhi komensalisme tarian Topeng Ireng pada kelompok kesenian Transimuda di Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa; komensalisme yang terjadi di desa Danda Jaya ini adanya kelompok kesenian Transimuda sebagai pihak yang diuntungkan dan masyarakat sekitar sebagai pihak yang tidak dirugikan atas keberadaan tarian Topeng Ireng. Faktor yang mempengaruhi komensalisme tarian Topeng Ireng kelompok kesenian Transimuda meliputi; (1) faktor sosial budaya, (2) faktor ekonomi, (3) faktor pemerintah, dan (4) faktor pendukung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI