DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “AIR LIMBAH DOMESTIK” TERHADAP TINGKAT AFEKTIF MASYARAKAT TENTANG DAMPAK DAN PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK (Studi pada Masyarakat Wilayah Banjarmasin Barat)
PENGARANG:ASHA AULIA FEBRIANA ASHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-03


ABSTRAK

Asha Aulia Febriana Ashari, 1710414120004, 2024, Pengaruh Iklan LayananMasyarakat “Air Limbah Domestik” Terhadap Tingkat Afektif Masyarakat Tentang Dampak dan Pengelolaan Air Limbah Domestik.Di bawah bimbingan oleh Prof. Dr. H. Bachruddin Ali Akhmad., M.Si dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom., M.Si. Air limbah domestik masih menjadi permasalahan lingkungan yang belum terpecahkan bahkan penanganannya masih minim. Berbagaimacam usaha telah digunakan untuk mencegah masalah tersebut, salah satunya adalah denganmemberikaninformasi dan pesanterkaitdampaknegatifdari air limbah domestik yang tidak dikelola.Darilatarbelakangtersebut,penelitian ini bertujuanuntukmendapatkanseberapa besaran peningkatan afektif pada masyarakat sesudah diberi pesan dan informasi berupa video iklanlayananmasyarakat yang dibuat oleh peneliti.Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifdengantipepenelitianeksperimen.Dalam penelitian inisubjek terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimendan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa video iklan sedangkankelompokkontroltidakdiberikanperlakuan sama sekali.Penelitianiniditujukankepada40responden,masing - masingkelompokberisikan20responden. Kuesioner merupakaninstrumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan rumus uji t-sampel berpasangandigunakan sebagai teknikanalisadata.Dengan hasilpengujianhipotesisyang dilakukan padakelompok eksperimendiperolehhasilsig(2-tailed)(0,000) < (0,05) dengan tingkat derajat kepercayaan sebesar 95%. Skor rata – rata pada kelompok eksperimendi tahappre-testsebesar1,536,danskor ditahappost-testsebesar3,605.Kesimpulan dari penelitian ini adalahperasaanterhadap dampak dan pengelolaan air limbah domestik meningkat setelah diberikan perlakuan berupavideoiklanlayanan masyarakat,sehingga H0yang dinyatakan dalam hipotesis penelitian ditolakdanHaditerima.

 

KataKunci:Pengaruh, ILM,Video,Eksperimen, AfektifMasyarakat,Air Limbah Domestik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI