DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Humas Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dikominfotik) Pemerintah Kota Banjarmasin pada Pengaplikasian Media Website Program “Banjarmasin Smart City”
PENGARANG:IRENA DIKYATUL QOLBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-03


 

ABSTRAK

 

Irena Dikyatul Qolbi, 1710414320019, 2023. Peran Humas Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dikominfotik) Pemerintah Kota Banjarmasin pada pengaplikasian media website Program “Banjarmasin Smart City”. Dibawah Bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Yuanita Setyastuti.

Kota Banjarmasin akan berupaya untuk memaksimalkan fungsi pelayanan yang tertuang dalam Masterplan Smart City Kota Banjarmasin untuk Tahun 2018 hingga tahun 2028. Sehingga perlunya perkembangan di Kota termasuk bidang teknologi dan informasi sehingga mempunyai perubahan yang sangat signifikan baik itu di dalam masyarakat, ataupun di suatu lembaga pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana peran Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dikominfotik) Pemerintah Kota Banjarmasin dalam Pengaplikasian Program “Banjarmasin Smart City”. Pendekatan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Diskriptif Kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan objek penelitian sesuai dengan kondisi atau kenyataan objek penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik sebagai SKPD yang baru dibentuk dalam melaksanakan tugasnya perlu untuk melakukan percepatan-percepatan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan baik dari segi SDM, administrasi dan teknis agar bisa sejajar dengan SKPD lain. Peran Humas Diskominfotik Kota Banjarmasin dalam membangun sistem kerja yang dinamis maka peran tersebut dapat dilihat dari peran sebagai lembaga komunikasi atau penghubung antara organisasi atau lembaga yang diwakili dengan publiknya terutama dalam hal teknis dan fasilitator komunikasi. Selain itu Diskominfotik juga mengedepankan sistem dalam membina relasi, yaitu berupaya membina hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya. Dalam hal ini Humas sebagai lembaga komunikasi atau penghubung antara organisasi atau lembaga yang diwakili dengan publiknya dalam melakukan pendekatan hubungan baik dengan stakeholder. Dan tidak lupa Diskominfotik selalu mendengarkan masukan dari stakeholder dalam membentuk opini atau citra bagi organisasi atau lembaganya baik sebagai penasihat ahli, fasilitator komunikasi, pemecahan masalah serta teknisi komunikasi di Kota Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Peran Humas, Public Relations, Smart City, Dikominfotik, Kota Banjarmasin, Stakeholder.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI