DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SELF- REGULATED LEARNING DAN SELF EFFICIACY TERHADAP ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA DI UPTD SMPN 6 BATI-BATI
PENGARANG:ERNIDA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


ABSTRAK

 

Ernida Safitri 2023. Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Siswa Di UPTD SMPN 6 Bati-Bati. Pembimbing :(I)AkhmadSugianto,M.Pd, (II) Muhammad Arsyad, M.Psi,Psikolog.

 

Kata kunci: Self-Regulated Learning, Self Efficacy, Academic Burnout

 

 

 

Keberadaan academic burnout yang terjadi pada siswa di UPTD SMPN 6 Bati-Bati yang terjadi pada masa pandemi. Hal ini diketahui karena ada 10 siswa yang lebih memilih untuk berhenti sekolah. Self-Regulated dan Self Efficacy yang merupakan salah satu faktor untuk mengurangi adanya academic burnout yang terjadi pada siswa menjadi dasar dari adanya penelitian ini. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning dan self efficacy terhadap academic burnout pada siswa di UPTD SMPN 6 Bati-Bati.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa sebanyak 225 siswa. Adapun hasil penelitian yaitu, terdapat pengaruh antara variabel self-regulated learning (X1) dan self efficacy (X2) terhadap academic burnout (Y) pada siswa di UPTD SMPN 6 Bati-Bati, karena dapat diketahui signifikansi untuk pengaruh self-regulated learning (X1) dan self efficacy (X2) terhadap academic burnout (Y) adalah 0,591 dan nilai F sebesar 53.546 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Yang artinya terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama antara variabel self-regulated learning dan self efficacy terhadap academic burnout pada siswa di UPTD SMPN 6 Bati-Bati.

 

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu self-regulated learning dan self efficacy memiliki pengaruh terhadap academic burnout. Walaupun demikian, tingkat academic burnout masih tergolong tinggi, maka dalam hal ini Guru dapat meningkatkan faktor-faktor lain untuk dapat mereduksi adanya academic burnout pada siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI