DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRESS KERJA TERHADAP BURNOUT KARYAWAN PADA BPJS KESEHATAN CABANG BARABAI
PENGARANG:SALSHABILLA QONITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


ABSTRAK

Salshabilla Qonita (2024). Pengaruh Beban Kerja dan Stress Kerja terhadap Burnout Karyawan pada BPJS Kesehatan Cabang Barabai.

Pembimbing : Akhid Yulianto

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Untuk menganalisa pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap Burnout karyawan BPJS Kesehatan Cabang Barabai; 2). Untuk menganalisa pengaruh beban kerja terhadap Burnout karyawan BPJS Kesehatan Cabang Barabai; 3). Untuk menganalisa pengaruh stress kerja terhadap Burnout karyawan BPJS Kesehatan Cabang Barabai.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat (kausal) dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada BPJS Kesehatan Cabang Barabai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis non-probability sampling dengan teknik sampel jenuh. Responden pada penelitian ini berjumlah 52 orang karyawan pada BPJS Kesehatan Cabang Barabai. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistics 26.

Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel beban kerja (X1) terhadap variabel burnout(Y) dan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara stres kerja (X2) terhadap variabel burnout (Y) karyawan pada BPJS Kesehatan Cabang Barabai. Hasil uji F pada penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel beban kerja (X1) dan stres kerja (X2) terhadap variabel burnout (Y). Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa variabel burnout (Y) dapat dipengaruhi oleh beban kerja (X1) dan stres kerja (X2) sebesar 87,8%, sedangkan 12,2% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja, Burnout

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI