DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI LUAS KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE
PENGARANG:HUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-05


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI LUAS KELAS IV SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL AND PRACTICE (Oleh: Husnul Khatimah, Pembimbing: Harja Santanapurba, Novan Alkaf Bahraini Saputra; 2024; 57 halaman)

ABSTRAK

Pembelajaran matematika atau hitungan menjadi salah satu mata pelajaran cukup sulit untuk di pahami oleh siswa. Salah satu materi di dalam pembelajaran matematika adalah luas, untuk memberikan kemampuan pemahaman terhadap materi luas yang lebih baik yaitu dengan membuat media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi luas kelas IV SD dengan menggunakan metode drill and practice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis webmateri luas menggunakan metode drill and practice. Penggunaan metode drill and practice bertujuan untuk mempermudah para siswa memahami materi pembelajaran dengan melakukan latihan dan praktek secara berulang-ulang. Dalam pengembangannya metode ini menggunakan Research and Development dan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi yaitu analysis, design, development dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini dikembangkan dengan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Firebase, Canva, dan Netlify. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi dan juga validasi media. Hasil dari penelitian media pembelajaran termasuk valid, dengan nilai validitas materi sebesar 85,4% yang termasuk dalam katagori sangat tinggi dan nilai validitas media sebesar 71,5% yang termasuk dalam katagori tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi luas kelas IV SD dengan menggunakan metode drill and practice dinyatakan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci : ADDIE, luas, media pembelajaran interaktif, metode drill and practice, Research and Development.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI