DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DESIMAL UNTUK SISWA KELAS V DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE
PENGARANG:NURKHALIZA MUTMAINNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-05


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DESIMAL UNTUK SISWA KELAS V DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE. (Oleh: Nurkhaliza Mutmainnah, Pembimbing: R. Ati Sukmawati, Rizky Pamuji; 2024; 60 halaman)

 

ABSTRAK

 

Pembelajaran pada perkalian bilangan desimal sangat penting untuk dipelajari siswa sekolah dasar. Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap materi perkalian bilangan desimal maka dibuatlah media pembelajaran interaktif berbasis web dengan metode drill and practice. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web materi perkalian bilangan desimal menggunakan metode drill and practice. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi yaitu analysis, design, development and evaluation. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi perkalian bilangan desimal untuk siswa kelas V dengan metode drill and practice yang dikembangkan dengan teknologi HTML, CSS, JacaScript, Bootsrap, Firebase, MathJax, Draw.io, Canva dan Netlify. Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran termasuk valid, dengan nilai validitas materi sebesar 87,5% dalam kategori tinggi dan nilai validitas media sebesar 70% dalam kategori cukup tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi perkalian bilangan desimal dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci : ADDIE, media pembelajaran interaktif, metode drill and practice, perkalian bilangan desimal, Research and Development

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI