DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PELATIHAN KETERAMPILAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN INCOME EXPECTATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi pada UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjarmasin)
PENGARANG:GALUH FATIMAH AZ-ZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-05


Galuh Fatimah Az-Zahra (2024). Pengaruh Pelatihan Keterampilan, Lingkungan Keluarga, dan Income Expectation terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjarmasin). Pembimbing : Hastin Umi Anisah

 

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pelatihan Keterampilan, Lingkungan Keluarga, dan Income Expectation terhadap Minat Berwirausaha. Pada penelitian sebelumnya diketahui terdapat pengaruh pelatihan keterampilan, lingkungan keluarga, dan income expectation terhadap minat berwirausaha. Penelitian ini dilakukan untuk (1) menganalisa pengaruh pelatihan keterampilan terhadap minat berwirausaha, (2) menganalisa pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, (3) menganalisa pengaruh income expectation terhadap minat berwirausaha.

          Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta pelatihan menjahit, pembuatan roti dan kue, serta plate welder (las) di UPTD BLK Kota Banjarmasin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, dengan menggunakan teknik sampling total. Data yang telah didapat melalui kuesioner dianalisis menggunakan teknik analisis SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square).

          Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelatihan keterampilan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha, (3) income expectation berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha

 

Kata kunci : Minat Berwirausaha, Pelatihan Keterampilan, Lingkungan Keluarga, Income Expectation

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI