DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPONSIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU DI KANTOR KELURAHAN AMPAH KOTA KECAMATAN DUSUN TENGAH KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:JHAYANTY ADINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-05


ABSTRAK

 

Jhayanty Adinda, 2010411220006, 2024.Responsivitas pelayanan pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu di Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Dibawah bimbingan M. Riduansyah Syafari.

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengakses berbagai layanan publik. SKTM berfungsi sebagai instrumen untuk memastikan bahwa bantuan atau fasilitas diberikan kepada mereka yang memang membutuhkannya dan tidak mampu secara finansial. Namun, seringkali terjadi kendala dalam proses pembuatan SKTM di Kantor Kelurahan, seperti waktu tunggu yang lama, dan pelayanan yang kurang responsif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat responsivitas pelayanan pembuatan SKTM di Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pada pelayanan tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah mengajukan permohonan pembuatan SKTM di Kantor Kelurahan dan petugas yang bertanggung jawab dalam proses pembuatan SKTM.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas pelayanan pembuatan SKTM di Kantor Kelurahan sudah responsif. Terkait pelayanan yang kurang responsif menjadi kendala utama dalam proses pembuatan SKTM disebabkan oleh kurangnya prasarana di kantor kelurahan Ampah Kota. Selain itu, kurangnya informasi yang disampaikan kepada masyarakat umum juga menjadi faktor yang mempengaruhi responsivitas pelayanan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan praktik pelayanan publik di Kantor Kelurahan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, khususnya dalam meningkatkan responsivitas pelayanan pembuatan SKTM.

 

Kata Kunci: Responsivitas, SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu, Kantor  Kelurahan

 


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI