DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI KINERJA APARAT KELURAHAN CEMPAKA DALAM PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:PUTRI MELYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-11


Abstrak

Putri Melyani, 1810413220031, Kinerja Aparat Kelurahan Cempaka dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banjarbaru. Di bawah bimbingan Farah Qubayla.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kinerja aparat Kelurahan Cempaka dalam program pemberdayaan masyarakat di Kota Banjarbaru dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah Lurah Cempaka Kota Banjarbaru, Sekretaris LPM Kelurahan Cempaka, staff pemerintahan, kasi ekobang, Masyarakat yang belum pernah mengikuti program pemberdayaan masyarakat dan masyarakat yang sudah pernah mengikuti program, serta Ketua RT di Kelurahan Cempaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian data dianalisis menggunakan analisis penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini ialah indikator kinerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja aparat Kelurahan Cempaka dalam Program Pemberdayaan Masyarakat di Kota Banjarbaru.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja aparat Kelurahan Cempaka dalam Program Pemberdayaan Masyarakat dinilai cukup baik dengan terpenuhinya variabel kinerja, yaitu prestasi kerja, Kualitas Kerja, Perilaku, dan Kepemimpinan. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja aparat yaitu Teknologi, kualitas input, Kulitas lingkungan fisik, budaya organisasi, kepemimpinan, dan pengelolaan sumber daya manusia.

Berdasarkan dari hasil penelitian maka didapatkan saran, diharapkan agar aparat terus meningkatkan aspek kinerja seperti mengikuti bimtek dan pelatihan Kualitas Pelayanan, Aparat diharapkan mempunyai sarana dan prasarana penunjang pelatihan sendiri serta menambah fasilitas fisik, Aparat diharapkan mampu menyiapkan perencanaan dan pertanggung jawaban serta laporan yang valid setiap program dan diharapkan adanya penambahan jumlah kuota peserta pelatihan agar masyarakat yang terbedayakan lebih banyak dan sisi ekonomi terbantu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI