DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KELURAHAN MENTAWA BARU HILIR KECAMATAN MENTAWA BARU KETAPANG KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:CECILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-16


ABSTRAK

Cecilia, 2010411320011, 2020-2024, Implementasi Program Keluarga Harapan di Kelurahan Mentawa Baru Hilir Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. Dibawah bimbingan Taufik Arbain.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan, yang menyebabkan tingginya angka kemiskinan di Indonesia, hal ini disalurkan ketika kemiskinan mulai mewabah atau sasaran penyaluran bertambah banyak maka angka kriminalitas kemiskinan sebagai pangkal penyebab masalah sosial dan

 ekonomi. Dalam upaya pengentasan kemiskinan selama ini belum mampu memberikan dampak besar sehingga sampai saat ini tujuan dari pembanguanan nasional terkait dengan masalah pemerataan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat masih menjadi masalah yang berkepanjangan. Pemerintah meluncurkan program khusus yang diberi nama Program Keluarga Harapan (PKH). PKH dirancang untuk membantu penduduk miskin kluster terbawah berupa bantuan bersyarat. Kemiskinan menjadi masalah yang intens dan perlu adanya upaya dari pemerintah untuk menanggungulanginya.

Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian berikut ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mencari data yang mendalam, data yang memiliki makna, Sugiyono (2014). Metode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data yang memungkinkan mendapatkan kata-kata dan perilaku manusia (Afrizal, 2017).

Implementasi Program Keluarga Harapan Kelurahan Mentawa Baru Hilir Kabupaten Kotawaringin Timur dapat dikatakan terlaksana cukup baik. Hal ini dapat ditinjau dari indikator Tranmisi yang telah terjalin kerjasama Kementerian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur, Bank Mandiri, maupun juga pemerintah Kelurahan Mentawa Baru Hilir. Kejelasan menurut hasil penelitian juga dapat dikatakan sudah terlaksana dengan cukup baik karena Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur beserta pelaksana lain seperti pendamping Program Keliarga Harapan sudah sangat mengetahui dan paham tentang tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan.

Adapun saran yang dapat peneliti berikan ialah agar Pemda lebih memperhatikan terkait program tersebut, kesediaan peralatan yang menunjang jalannya program danagar lebih konsistennya pendamping program PKH.

 dalam menyampaikan kendala-kendala kepada instansi terkait dalam kendala dan permasalahan yang terjadi agar dapat diselesaikan dengan baik sehingga membuat proses pelaksanaan mudah dan efektif.

Kata Kunci : Implementasi, Program Kesejahteraan Hidup, Dinas Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI