DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Menggunakan LKS Non-eksperimen Pada Materi “Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan” Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas IX di SMP Negeri 7
PENGARANG:MONICA APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-16


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN LKS NON-EKSPERIMEN PADA MATERI “TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN” TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 7 BANJARMASIN (Oleh : Monica Aprilia, Pembimbing : Rizky Febriyani Putri, Ratna Yulinda, 2023; 141 halaman)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS Non-eksperimen pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan terhadap tingkat literasi sains siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 7 Banjarmasin, adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX ruang A dan kelas IX ruang B yang masing-masing berjumlah 26 siswa. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Kelas IX ruang A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX ruang B sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data data yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Analisis tingkat literasi sains siswa diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan LKS Non-eksperimen pada materi tanah dan keberlangsungan kehidupan terhadap tingkat literasi sains siswa kelas IX di SMP Negeri 7 Banjarmasin.

Kata Kunci : inkuiri terbimbing, literasi sains 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI