DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:PUSPITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-17


Sari, Puspita. 2023. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing Pertama: Dr. Muhammad Rafiek, M.Pd. Pembimbing Kedua: Prof. Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

Kata Kunci: kemampuan menulis puisi bebas.

Puisi merupakan karangan yang memiliki aturan-aturan yang ketat. Saat ini para penyair berusaha membebaskan diri dari aturan-aturan mengikat itu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu jika ditinjau berdasarkan struktur fisik dan struktur batin puisi. Adapun aspek berdasarkan struktur fisik puisi yang diteliti meliputi diksi, majas, imaji, rima kata konkret dantipografi. Sedangkan pada struktur batin aspek yang diteliti meliputi tema, rasa, nada dan amanat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 74 dan sampel penelitian berjumlah 27 orang siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Variabel dari penelitian ini adalah struktur fisik dan struktur batin puisi.

Hasil penelitian dari kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu ditinjau berdasarkan struktur fisikhanya memperoleh nilai rata-rata 51,48 dan jika ditinjau berdasarkan struktur batin puisi nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 70,74. Nilai ini masih dibawah nilai ketuntasan yang ditetapkan yaitu 75, sehingga kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu dikatagorikan belum memadai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI