DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN SIKAP PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:SHINTA DWI NANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-17


Nanda, Shinta Dwi. 2023. Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja dan Iklim Sekolah dengan Sikap Profesional Guru di SMP Negeri Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. dan (II) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan   Pembelajaran   Kepala   Sekolah,   Lingkungan   Kerja, 

         Iklim Sekolah, Sikap Professional Guru

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung antara Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Iklim Sekolah dan Sikap Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten tanah Laut.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori menggunakan model analisis jalur (path analysis) untuk menganalisis pola hubungan antar variabel. Populasi penelitian sebanyak 140 guru dari 8 SMP Negeri di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan diambil 104 responden sebagai sampel penelitian menggunakan teknik Probability Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Sikap Profesional Guru sebesar 0,423, variabel Lingkungan Kerja dan Sikap Profesional Guru Sebesar 0,279, variabel Iklim Sekolah dan Sikap Profesional Guru sebesar 0,232, variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah sebesar 0,430, variabel Lingkungan Kerja dan Iklim Sekolah sebesar 0,515, variabel Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah melalui Iklim Sekolah dengan Sikap Profesional Guru sebesar 0,778 serta variabel Lingkungan Kerja melalui Iklim Sekolah dengan Sikap Profesional Guru sebesar 0,805.

Kesimpulan penelitian ini adalah variabel Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, dan Sikap Profesional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut berada pada kategori sangat tinggi serta variabel Iklim Sekolah SMP Negeri di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut berada pada kategori tinggi. Terdapat hubungan langsung secara parsial antara Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, dan Sikap Profesional Guru di SMP Negeri di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Terdapat hubungan tidak langsung antara Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah melalui Iklim Sekolah dengan Sikap Profesional Guru serta Lingkungan Kerja melalui Iklim Sekolah dengan Sikap Profesional Guru di SMP Negeri Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Saran perlu adanya peningkatan terutama pada variabel Iklim Sekolah yang masih tergolong kategori tinggi dibanding variabel lain dengan kategori sangat tinggi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI