DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINGKAT KECAKAPAN PUKULAN BACKHAND OVERHEAD LOB PADA PB. HANDIL III KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD MUSHLIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-17


ABSTRAK

Muhammad Mushlih, NIM 1810122210007, 2023.Tingkat Kecakapan Pukulan Backhand Overhead Lob Pada PB. Handil III Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar”.Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (Utama) Mita Erliana, S.Pd., M.Or. Pembimbing: (Pendamping) Drs. Abd. Hamid, M.Pd. 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecakapan pukulan Backhand Overhead Lob pada PB. Handil III Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik tes dan pengukuran yang dilakukan oleh (Poole James, 2011:32). Tes dan pengukuran itu dilakukan terhadap Tingkat Kecakapan Pukulan Backhand Overhead Lob Pada PB. Handil III Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua PB. Handil III Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jadi jumlah sampel adalah 15 orang.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecakapan pukulan Backhand Overhead Lob Pada PB. Handil III Kecamatan Gambut dengan kategori “Sangat Baik”, yaitu 0 atau (0%), kemudian untuk kategori “Baik” sebanyak 7 peserta didik atau (47%), selanjutnya pada kategori “Cukup” sebanyak 3 peserta didik atau (20%), kemudian pada kategori “Kurang” sebanyak 4 peserta didik atau (27%) dan yang terakhir untuk kategori “Sangat Kurang”, yaitu sebanyak 1 peserta didik atau (7%). Selanjutnya untuk rata-rata sebesar 24, maka kecakapan pukulan Backhand Overhead Lob Pada PB. Handil III Kecamatan Gambut masuk dalam kategori “Baik”.

Berdasarkan perhitungan dan analisis data yang diperoleh maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Tingkat Kecakapan Pukulan Backhand Overhead Lob Pada PB. Handil III Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dari 15 peserta yang menjadi sampel dalam penelitian ini semuanya terhitung dari banyaknya yang memperoleh kategori baik dengan persentase 47%, maka masuk dalam dalam kategori Baik, hal ini mungkin karena masih ada sebagian dalam melakukan pukulan Backhand Overhead Lob yang belum mengerti baik dari segi teknik dan fisik. Oleh sebab itu dalam melatih, hendaknya selalu diberi juga dorongan motivasi dan teknik agar sempel terbiasa sungguh-sungguh dalam bermain Bulutangkis.

Kata Kunci: Tingkat Kecakapan Pukulan Backhand Overhead Lob

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI