DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2017)
PENGARANG:Nur Shifa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-17


ABSTRAK

 

 

Nur Shifa,  (2018).  Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). Pembimbing I: Hj. Fatimah. Pembimbing II: Chairina.          

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance berupa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, komite audit, dan ukuran KAP terhadap kualitas laba pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan yang pernah termasuk dalam indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia selama 3 periode sejak 2015-2017. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana terpilih 57 sampel dari 19 perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ45 Bursa Efek Indonesiaselama tahun 2015-2017. Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh signifikan antara persentase kepemilikan manajerial terhadap kualitas laba;(2) tidak terdapat pengaruh signifikan antara kepemilikan institusional terhadap kualitas laba;(3) terdapat pengaruh signifikan antara proporsi dewan komisaris independen terhadap kualitas laba; (4) tidak terdapat pengaruh antara jumlah anggota komite audit terhadap kualitas laba; dan (5) tidak terdapat pengaruh antara ukuran KAP terhadap kualitas laba.

Kata Kunci:Corporate Governance, Kualitas Laba, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Ukuran KAP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI